SILAHKAN KLIK DAFTAR LABEL DI BAWAH INI UNTUK BISA MELIHAT ISI POSTING SELENGKAPNYA TERIMA KASIH

JALANI HIDUP INI APA ADANYA, SYUKURI APA YANG ADA DAN TERUS BERUSAHA UNTUK MENJADI LEBIH BAIK

Kamis, 15 November 2012

SABLI.COM: CONTOH MAKALAH TENTANG KONSEP DASAR PERPUSTAKAAN


KONSEP DASAR PERPUSTAKAAN

A. Pengertian Perpustakaan
Perpustakaan adalah suatu unit kerja dari suatu badan atau lembaga tertentu yang mengelola bahan-bahan pustaka, baik berupa buku-buku maupun bukan buku yang diatur secara sistematis menurut aturan tertentu sehingga dapat digunkan sebagai sumber informasi oleh setiap pemakainya. Dengan demikian perpustakaan sekolah merupakan unit kerja dari suatu sekolah yang menyelenggarakan. (Bafadal, 1996;3).
      
      B.    Dasar Hukum
Penyelenggaraan perpustakaan madrasah, mengacu kepada a). Undang-undang no.20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. b). Undang-undang sistem nasional perpustakaan no 43 tahun 2007. Dalam pasal 35 dikemukakan bahwa, setiap satuan pendidikan jalur pendidikan sekolah, baik yang diselenggarakan oleh pemerintah maupun oleh masyarakat, harus menyediakan sumber-sumber belajar. Dalam penjelasan pasal 35 tersebut dikemukakan bahwa salah satu sumber belajar yang amat penting tetapi bukan satu-satunya adalah perpustakaan, yang harus memungkinkan para tenaga kependidikan dan para peserta didik memperoleh kesempatan untuk memperluas dan memperdalam pengetahuan melalui membaca buku dan koleksi lain yang diperlukan.
C.     Tujuan perpustakaan madrasah adalah;
1)      Mendorong dan mempercepat proses penguasaan teknik membaca para siswa.
2)      Membantu menulis kreatif bagi para siswa dengan bimbingan guru dan pustakawan
3)      Menumbuhkembangkan minat baca dan kebiasaan membaca para siswa
4)      Menyediakan berbagai macam sumber informasi untuk kepentingan pelaksanaan kurikulum
5)      Mendorong, menggairakan, memelihara, dan memberi semangat  belajar bagi para siswa
6)      Memperluas, memperdalam, dan memperkaya pengalaman belajar para siswa dengan membaca buku dan koleksi lain yang mengandung ilmu pengetahuan dan teknologi, yang disediakan oleh perpustakaan.
7)         Memberikan hiburan yang sehat untuk  mengisi waktu senggang melalui kegiatan membaca, khususnya buku-buku dan sumber bacaan yang lain yang bersifat kreatif dan ringan, seperti fiksi, cerpen, dan lainnya. (Yusuf, dkk, 2005; 3).
8)         Perpustakaan madrasah termasuk di dalamnya adalah; Perpustakaan RA, Perpustakaan Madrasah Ibtidaiyah, Perpustakaan Madrasah Tsanawiyah, Perpustakaan Madrasah Aliyah baik negeri maupun swasta atau yang sederajat dengan yang tersebut di atas.

D.    Fungsi perpustakaan madarsah
1)      Fungsi educatif
Di dalam perpustakaan madrasah tersedia sebagaian besar pengadaannya disesuaikan dengan kurikulum madarasah. Hal ini dapat menunjang penyelenggaraan pendidikan di madarasah. Oleh karena itu dapat perpustakaan memiliki pungsi edukatif.
2)      Fungsi informatif
Perpustakaan madarasah bukan saja menyediakan bahan-bahan pustaka berupa buku-buku tetapi juga bahan berupa non buku, seperti majalah surat kabar, video, tv bahkan juga dewasa ini sudah mulai pengembangan perpustakaan digital.
3)      Fungsi tanggung jawab administratif
Fungsi ini terlihat pada kegiatan perpustakaan sehari-hari, dimana setiap kegiatan selalu di catat oleh pustakawan atau petugas perpustakaan, baik dengan sistim kartu maupun dengan system otomasi.
4)      Fungsi riset
Murid dan guru dapat melakukan riset literature atau library research dengan cara membaca buku di perpustakaan, misalnya seorang guru atau murid ingin meneliti factor-faktor pertumbuhan bayi.
5)      Fungsi rekreasi
Adanya perpustakaan madarsah dapat berfungsi rekreatif. Ini tidak berarti bahwa secara fisik pergi mengunjungi tempat-tempat tertentu, tetapi secara psikologis, sebagai contoh ada seorang murid yang membaca buku referensi ensiklopedia Indonesia yang di dalamnya terdapat gambar-gambar yang menyajikan tempat-tempat pariwisata di Indonesia.Selain itu juga perpustakaan juga menyediakan buku-buku novel untuk mengisi waktu luang (Bafadal, 1996; 6)
        Selain fungsi di atas perpustakaan juga berfungi sebagai;
1).  Perpustakaan sebagai sarana penunjang pendidikan
2). Perpustakaan merupakan sumber pembinaan kurikulum
3). Perpustakaan sebagai sarana proses pembelajaran
4). Perpustakaan sebagai sarana penanaman dan pembinaan minat baca.
5). Perpustakaan dan penanaman disiplin (Nurhayati; 1986; 86)

E.     Tugas
1.      Menghimpun,atau mengumpulan, mendayagunakan, memelihara, dan membina secara terus menerus bahan koleksi atau sumber informasi (bahan pustaka) dalam bentuk apa saja seperti buku, majalah, surat kabar dan jenis koleksi lainnya.
2.      Mengolah dengan system dan cara tertentu, sejak dari bahan-bahan tersebut datang ke perpustakaan sampai kepada siap untuk di sajikan atau dilayankan yakni kepada`sisawa dan guru dilingkungan madrasah yang bersangkutan.
3.      Menyebarluaskan informasi atau bahan-bahan pustaka kepada segenap anggota yang membutuhkannya sesuai dengan kepentingannya yang berbeda yang satu sama lainnya. (Yusuf, dkk, 2005; 7)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar