SILAHKAN KLIK DAFTAR LABEL DI BAWAH INI UNTUK BISA MELIHAT ISI POSTING SELENGKAPNYA TERIMA KASIH

JALANI HIDUP INI APA ADANYA, SYUKURI APA YANG ADA DAN TERUS BERUSAHA UNTUK MENJADI LEBIH BAIK

Selasa, 30 Oktober 2012

SABLI.COM: MAKALAH TENTANG TENAGA PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN


TENAGA PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN

BAB I
PENDAHULUAN
A.     Latar Belakang
Didalam dunia pendidikan guru adalah yang paling banyak bergaul dan berintraksi dengan para murid dibanding dengan personil lainnya disekolah.guru bertugas merencanakan dan melasanakan proses KBM,menilai hasil pembelajaran ,melakukan bimbingan,dan membuka komunikasi dengan masyarakat.seorang guru harus menggerakkan dan mendorong peserta didik agar semangat dalam belajar,sehingga tujuan pembelajaran tercapai.bukan sekedar itu guru juga harus membantu peserta didik untuk dapat memperoleh pembinaan yang sesuai dengan bakat,minat dan kemampuan yang dimiliki.guru dapat juga dikatagorikan sebagai ilmuan  dan cendikawan
Dengan demikian tamapak jelas bahwa tugas dan tanggung jawab guru begitu berat sehingga guru dihadapak kepada banyak persoalan dan tantangan, Masih kurang dan rendahnya kompetensi yang dimiliki guru menjadi sebuah fenomena yang perlu dituntaskan dengan segera. Karena peran dari tenaga pendidik di dalam sebuah sekolah diibaratkan sebagai sutradara.
  1. Rumusan Masalah
a.      Bagaimana kualitas  Guru di Mts.Ittihaad Al-Umam Egok Suka Makmur
b.      Bagaimana tugas dan syarat menjadi seorang guru




BAB II
PEMBAHASAN


A.           Landasan Teori
1.             Pengertian Guru
Guru  secara sederhana dapat kita artikan sebagai orang yang memberikan ilmu pengetahuan kepada peserta didik atau siswa.Guru juga merupakan orang yang berwenang dan bertanggung jawab terhadap pendidikan murid-muridnya baik individual ataupun klasikal,baik disekolah atau diluar sekolah.mengingat demikian berat tugas dan pekerjaaan Guru,maka pendidik harus mmenuhi persyratan-persyaratan pokok yang mungkin seimbang dengan posisi menjadi pendidik.
2.        Deskripsi Tugas dan syarat Guru
1.         Tugas Guru
Dalam dunia pendidikan guru melaksanakan tugasnya memiliki otonomi yang kuat.adapun tugas Guru atau tenaga pendididik sangat banyak antara lain :
  1. Mengajar dan membimbing para peserta dididk.
  2. Memberikan penilaian terhadap hasil belajar peserta didik
  3. Mempersiapkan administrasi pembelajaran yang diperlukan
  4. Meningkatkan dan mengembangkan ilmu yang menjadi bidang studinya agar tidak ketinggalan jaman.
2. Syarat-Syarat  Guru
Zakiyah Darajat dalam buku "Ilmu Pendidikan Islam"  mengemukakan bahwa secara umum dapat  memenuhi tanggung  jawab  yang dibebankan  kepadanya  hendaknya,bertakwa kepada Allah SWT, berilmu, sehat  jasmaninya, baik   akhlaknya,   bertanggung  jawab   dan   berjiwa nasional" (Darajat, 1990 : 23).
1.                  Takwa  kepada  Allah sebagai syarat  menjadi  guru. Guru yang sesuai dengan tujuan ilmu pendidikan yang ada  tidak  mungkin  mendidik  anak  agar  bertakwa kepada  Allah  jika guru  sendiri  tidak  berakhlak kepadanya.
2.                  Berilmu sebagai syarat untuk menjadi guru.
3.                  Sehat jasmani sebagai syarat untuk menjadi guru.
4.                  Berkelakuan yang baik
Sebagai syarat untuk  menjadi guru di  antara yang perlu dimiliki oleh  seorang  guru adalah :
a.       Mencintai jabatannya sebagai guru
b.      Bersikap adil terhadap semua guru
c.       Berlaku sabar dan tenang
d.      Guru harus berwibawa
e.       Guru harus gembira
f.       Guru harus manusiawi
g.      Kerja  sama dengan guru-guru  lain.  (Darajat, 1996 : 41).

            Syarat-syarat  yang  harus dimiliki  oleh  seorang guru, agar supaya dapat berhasil dalam tugasnya,  yang paling  penting  di antaranya adalah  hendaknya  dalam segala  tingkah lakunya, dan dalam  segala  keadaannya terutama  juga yang menyangkut seperti  cara  mengatur pakaian, cara mengatur rambutnya, dan cara  berpakaian itu  sendiri,  misalnya jangan  memakai  pakaian  yang menyolok    warnanya,    juga    potongannya     tidak berlebih-lebihan, karena keadaan guru itu akan  selalu dijadikan  cermin  bagi anak  didiknya,  seorang  guru harus memperbaiki dirinya terlebih dahulu supaya dapat menjadi  contoh yang baik bagi muridnya, karena  dalam pandangan  mereka  adalah contoh terbaik  yang  selalu menjadi  tumpuan  mata, akan saling  menceritakan  apa yang diucapkan guru, dan begitu pula sebaliknya  dalam pepatah  Indonesia  dikatakan "Guru  kencing  berdiri, murid  kencing  berlari" yang artinya murid  itu  akan meniru bagaimana keadaan gurunya.
Syarat diatas juga sejalan dengan UU No 14 tahun 2005 pasal 8 menyatakan Guru wajib memiliki kualitas akdemik,kompetensi sertifikat pendidik,sehat jasmani dan rohani serta memiliki kemampuan untuk mewujutkan tujuan pendidikan nasional kemudian pasal pasal 9 menyatakan kualifikasi akademik sebagaimana yang dimaksud dalam pasal 8 diperoleh mulalui pendidikan tinggi program sarjana atau diploma empat.
            Melihat dari paparan di atas, dapat kita menarik banang merah bahwa pendidik mempunyai tugas dan syrat-syrat yang harus dipenuhi dan dilaksanakan.
a.      Fakta ril
            MTs. Ittihaad Al-Umam Egok Suka Makmur Gerung Lombok Barat NTB
berdiri pada tahun  2002. MTs. Ittihaad Al-Umam Egok yang didirikan oleh Yayasan  Pondok Pesantren Ittihaad Al-Umam Egok dengan luas tanah 5200 M2 . MTs. Ittihaad Al-Umam Egok saat ini memiliki jumlah tenaga pengajar sebanyak 26 orang dan tenaga tata usaha sebanyak  2 orang.

Dari fakta riil yang kami dapatkan di lapangan dapat disimpulkan bahwa :
1.             Adanya tenaga pendidik/guru  yang belum memenuhi syarat-syarat secara akademis sebagai tenaga pendidik
2.             Adanya guru yang tidak sesuai dengan jalur kependidikanya

b.      Analisis Pemecahan Masalah
1.    Analisis Masalah:
·         Adanya  Guru/pendidik  yang belum memenuhi syarat-syarat sebagai tenaga pendidik
·         Adanya tenaga pendidik yang tidak sesuai dengan jalur kependidikanya

2.    Pemecahan Masalah
-            Para pendidik yang masih under-standard melakukan upaya secara sungguh sungguh untuk meningkatka kualitas diri.baik dengan cara melanjutkan study
BAB III
ANALISIS KELEBIHAN DAN KEKURANGAN
MANAJEMEN TENAGA PENDIDIK
DI MTs. ITTIHAAD AL-UMAM EGOK

Kelebihan:
1.    Membuat proses kegiatan belajar-mengajar (KBM) dapat terlaksana dengan baik
2.    Tujuan pendidikan akan tercapai

Kekurangan
1.    Tenaga pendidik lebih dilihat dari segi kemampuan dan pengalaman daripada latar belakang pendidikannya
2.    Masih adanya tugas yang rangkap dobel (dualisme) kependidikan dan keadministrasian

 
BAB IV
REKOMENDASI

1.             Kesimpulan
·  Peran tenaga pendidik sangat berpengaruh terhadap kelangsungan proses pembelajaran di MTs. Ittihaad Al-Umam Egok
·  Tenaga pendidik harus lebih kreatif dan inovatif

2.             Saran
·  Kerjasama dan Pembinaan  antara Guru yang serjana dengan yang under- standart harus terjalin dengan baik demi meningkatkan kualitas pendidikan.

 

DAFTAR PUSTAKA
Syaiful sagala,Dr.H.2009.Kemampuan Propesional Guru Dan Tenaga Kependidikan.Bandung;ALFABETA,
Pidarta, Made. 2004. Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta
Rivai, Veithzal dan Murni, Silviana. 2008. Education Management.
Sudjana. 2004. Pendidikan Nonformal. Bandung: Falah Production.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar