KELUARGA BESAR PONPES. ITTIHAAD AL-UMAM EGOK MENGUCAPKAN SELAMAT MENGIKUTI UJIAN NASIONAL ( UN ) TANGGAL 14 S/D 16 APRIL 2014 KEPADA SISWA/SISWI MA. ITTIHAAD AL-UMAM EGOK. "SEMOGA MEMPEROLEH KELULUSAN DENGAN NILAI YANG TERBAIK". AMIIIIIN. ADMIN: SABLY EL-ITTIHAD EGOK HP. 081 917 335 600

SILAHKAN KLIK DAFTAR LABEL DI BAWAH INI UNTUK BISA MELIHAT ISI POSTING SELENGKAPNYA TERIMA KASIH

Rabu, 27 Juni 2012

SABLI : CONTOH PROPOSAL PENELITIAN



PENGARUH KEGIATAN MUFRADAT BAHASA ARAB TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII A MTs. ITTIHAAD AL-UMAM EGOK SUKA MAKMUR GERUNG LOMBOK BARAT TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Oleh:
 SABLI
NIMKO. 2009.4.103.0001.1.001625


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar  Belakang Masalah
Metode pembelajaran bahasa Arab telah mendapatkan perhatian dari para pakar pembelajaran bahasa dengan melakukan berbagai kajian dan penelitian untuk mengetahui efektifitas dan kesuksesan berbagai metode.
Namun dari para pakar juga terdapat perbedaan mengenai Metode pembelajaran bahasa arab diantaranya adalah mengenai makna bahasa serta tujuan pengajarannya, di dalam pembelajaran bahasa Arab terdapat metode-metode yang harus diketahui oleh pendidik diantaranya adalah metode pembelajaran Mufradat. Metode pembelajaran mufradat adalah komponen atau unsur penting yang merupakan tuntutan dan syarat dasar dalam pembelajaran bahasa Arab.
Melihat kenyataan yang ada dan yang berkembang di madrasah swasta sebagian besar kajiannya terfokus pada di bidang ilmu umum seperti Bahasa. Salah satunya adalah bahasa Arab.
Bahasa Arab sering menjadi acuan kemajuan peserta didik dalam memahami dan mengembangkan potensi berbahasa yang dimilikinya. Sehingga pembinaan bahasa Arab menjadi pokok perhatian lembaga demi berkualitasnya out put dari lembaga itu sendiri.
Dengan kata lain, sudah menjadi ciri khas setiap sekolah untuk mengembangkan dan membina peserta didik agar mudah dalam berbahasa Arab sehari-hari.
Untuk mencapai tujuan itu maka dalam hal ini MTs. Ittihaad Al-Umam memprogramkan kegiatan mufradat bahasa Arab. Kegiatan ini diikuti oleh 142 peserta didik. Dengan rincian yaitu kelas VII A (29 orang), VII B (30 orang), VIII Putra (19 orang), kelas VIII Putri (27 orang) dan kelas IX (37 orang). Kegiatan ini dimulai pada pukul 07.00 s.d 08.00 Wita.
Adapun susunan kegiatan dimaksud adalah sebagi berikut:
1.    Do’a sebelum masuk kelas
2.    Pembacaan Mufradat Bahasa Arab
3.    Pembacaan Vocab bahasa Inggris
4.    Pembacaan percakapan bahasa Arab dan Inggris
5.    Do’a masuk kelas.
Kegiatan mufradat ini dilakukan secara bertahap, bagi kelas VII ditargetkan menghafal 200 kosa kata dalam jangka waktu 2 semester. Setelah naik ke kelas VIII ditargetkan sudah menghafal 400 kosa kata, hingga setelah kelas IX ditargetkan sudah menghafal 600 kosa kata.
Dilihat dari paparan di atas maka peneliti tertarik dan ingin mengetahui apakah ada pengaruh yang siginifikan pada kegiatan mufradat  bahasa arab terhadap prestasi belajar bahasa Arab peserta didik kelas VII A MTs. Ittihaad Al-Umam Egok Suka Makmur Gerung Lombok Barat Tahun Pelajaran 2011/2012.

Oleh karena itu penulis mengangkat judul dalam proposal penelitian ini yaitu; Pengaruh Kegiatan Mufradat Bahasa Arab Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas VII A MTs. Ittihaad Al-Umam Egok Suka Makmur Gerung Lombok Barat Tahun Pelajaran 2011/2012.
            Penulis mengambil judul ini karena selama ini bahasa Arab sering dianggap sulit oleh peserta didik, melihat adanya program mufradat bahasa arab ini maka penulis ingin mengetahui lebih jauh pengaruh kegiatan ini terhadap presatsi belajar siswa, sehingga diharapkan dari hasil penelitian mampu menemukan upaya peningkatan metode pengajaran bahasa Arab yang baik lewat program-program unggulan yang diberikan oleh sekolah itu sendiri. Salah satunya mungkin dengan memberikan kegiatan mufradat.

B.     Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas serta untuk mengarahkan penelitian maka peneliti mengajukan rumusan masalah yaitu apakah ada pengaruh yang signifikan pada kegiatan mufradat terhadap prestasi belajar peserta didik kelas VII A MTs. Ittihaad Al-Umam Tahun Pelajaran 2011/2012.

C.    Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah ingin mengetahui pengaruh kegiatan mufradat terhadap prestasi belajar peserta didik kelas VII A MTs. Ittihaad Al-Umam Tahun Pelajaran 2011/2012.

D.    Kegunaan Penelitian
1.   Secara akademik
Secara akademik tugas proposal penelitian ini merupakan salah satu syarat untuk pembuatan proposal penelitian sesungguhnya untuk diusulkan sebagai judul dalam skripsi tingkat strata 1 (satu) pada Sekolah Tinggi Agama Islam Nurul Hakim  Kediri Lombok Barat.
  1. Kegunaan  Teoritis
Adapun yang dimaksud dengan manfaat teoritis disini adalah untuk menambah  pengetahuan tentang  pengaruh  kegiatan mufradat terhadap prestasi belajar peserta didik kelas VII A MTs. Ittihaad Al-Umam Tahun Pelajaran 2011/2012.
3.   Kegunaan Praktis
a.   Agar dalam penelitian ini  penulis akan mengikuti pelaksanaan kegiatan mufradat ini  secara langsung untuk menambah keyakinan peneliti dengan fakta/kenyataan di lapangan.
b.   Agar hasil dalam penelitian ini diharapkan dapat dijadikan bahan evaluasi kegiatan yang dapat menunjang pemahaman peserta didik dalam bahasa Arab.

E.     Definisi Operasional
Untuk menghindari perbedaan tanggapan dan interpretasi yang berbeda terhadap judul di atas, maka penulis menjelaskan pengertian istilah-istilah yang ada pada judul tersebut, antara lain:
1.   Mufradat
            Menurut Ahmad Djanan Asifuddin, pembelajaran kosakata (al-mufradât) yaitu proses penyampaian bahan pembelajaran yang berupa kata atau perbendaharaan kata sebagai unsur dalam pembelajaran bahasa Arab.
2.   Prestasi Belajar
Adapun prestasi dapat diartikan hasil diperoleh karena adanya aktivitas belajar yang telah dilakukan.
Adapun prestasi belajar yang peneliti maksudkan disini adalah prestasi belajar dalam mata pelajaran bahasa Arab pada kelas VII A MTs. Ittihaad Al-Umam Egok Suka Makmur Gerung Lombok Barat.

F.     Lokasi Penelitian
Adapun lokasi yang peneliti pilih adalah Kelas VII A MTs. Ittihaad Al-Umam  Egok Suka Makmur Gerung Lombok Barat.
Penentuan daerah ini untuk dijadikan lokasi penelitian karena didasarkan atas beberapa pertimbangan yaitu peneliti memandang sangat urgen dan layak dengan alasan bahwa MTs. Ittihaad Al-Umam  Egok Suka Makmur Gerung Lombok Barat membutuhkan pembinaan agar peserta didik termotivasi untuk mengikuti kegiatan mufradat guna menunjang pemahaman bahasa Arab.
                                               
BAB II
KERANGKA TEORI
A.      Pengaruh Kegiatan Mufradat Bahasa Arab Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas VII A MTs. Ittihaad Al-Umam Egok Suka Makmur Gerung Lombok Barat Tahun Pelajaran 2011/2012
 1.        Pengertian Mufradat
Mufradat/Kosakata (Inggris: vocabulary) adalah himpunan kata atau khazanah kata yang diketahui oleh seseorang atau entitas lain, atau merupakan bagian dari suatu bahasa tertentu. Kosakata seseorang didefinisikan sebagai himpunan semua kata-kata yang dimengerti oleh orang tersebut dan kemungkinan akan digunakannya untuk menyusun kalimat baru. Kekayaan kosakata seseorang secara umum dianggap merupakan gambaran dari intelejensia atau tingkat pendidikannya.
Menurut Horn, kosakata adalah sekumpulan kata yang membentuk sebuah bahasa. Peran kosakata dalam menguasai empat kemahiran berbahasa sangat diperlukan sebagaimana yang dinyatakan Vallet adalah bahwa kemampuan untuk memahami empat kemahiran berbahasa tersebut sangat bergantung pada penguasaan kosakata seseorang. Meskipun demikian pembelajaran bahasa tidak identik dengan hanya mempelajari kosakata. Dalam arti untuk memiliki kemahiran berbahasa tidak cukup hanya dengan menghafal sekian banyak kosakata.
Berarti mufradat merupakan kata-kata yang dapat dibentuk ke dalam kalimat sempurna.

2.        Pengertian Prestasi Belajar
Kemampuan intelektual siswa sangat menentukan keberhasilan siswa dalam memperoleh prestasi.
Untuk mengetahui berhasil tidaknya seseorang dalam belajar maka perlu dilakukan suatu evaluasi, tujuannya untuk mengetahui prestasi yang diperoleh siswa setelah proses belajar mengajar berlangsung. Adapun prestasi dapat diartikan hasil diperoleh karena adanya aktivitas belajar yang telah dilakukan. Namun banyak orang beranggapan bahwa yang dimaksud dengan belajar adalah mencari ilmu dan menuntut ilmu.
Ada lagi yang lebih khusus mengartikan bahwa belajar adalah menyerap oengetahuan. Belajar adalah perubahan yang terjadi dalam tingkah laku manusia. Proses tersebut tidak akan terjadi apabila tidak ada suatu yang mendorong pribadi yang bersangkutan.
B.       Hipotesis Penelitian
Hipotesis penelitian :
a.    Apakah ada pengaruh yang signifikan antara kegiatan mufradat bahasa Arab dengan prestasi belajar bahasa Arab kelas VII A MTs. Ittihaad Al-Umam Tahun Pelajaran 2011/2012.
b.    Apakah tidak ada pengaruh yang signifikan antara kegiatan mufradat bahasa Arab dengan prestasi belajar bahasa Arab kelas VII A MTs. Ittihaad Al-Umam Tahun Pelajaran 2011/2012.

                                        
Bab III
METODOLOGI PENELITIAN

 1.   Pendekatan Penelitian
    Di dalam melakukan penelitian ini peneliti akan menggunakan pendekatan kuantitatif. menurut Sugiyono (2007:13), pengertian kuantitatif adalah:
“Metode penelitian kuantitatif dapat diartikan sebagai metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, teknik pengambilan sampel pada umumnya dilakukan secara random, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif atau statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan.”
  
Untuk mendapatkan data mengenai Pengaruh Kegiatan Mufradat Bahasa Arab Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas VII A MTs. Ittihaad Al-Umam Egok Suka Makmur Gerung Lombok Barat Tahun Pelajaran 2011/2012 penulis akan berpartisipasi langsung dalam kegiatan dimaksud dan mengumpulkan data-data yang diperlukan dengan menggunakan beberapa teknik pengumpulan data, antara lain observasi, angket, dan wawancara.
Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan informasi tentang Pengaruh Kegiatan Mufradat Bahasa Arab Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas VII A MTs. Ittihaad Al-Umam Egok Suka Makmur Gerung Lombok Barat Tahun Pelajaran 2011/2012.
Lebih detail rancangan penelitian ini penulis dapat membuat kerangka pelaksanaan sebagai berikut:
1)      Preparing (persiapan)
Berdasarkan  judul dan pemaparan  rumusan masalah di atas pada bab terdahulu, maka perencanaan dalam melaksanakan penelitian ini adalah sebagai berikut :
a)      Menyusun rencana, antara lain dengan menetapkan beberapa hal sebagai berikut:
1)      Judul penelitian
2)      Alasan penelitian
3)      Problema penelitian
4)      Tujuan penelitian
5)      Obyek penelitian
6)      Metode yang digunakan
2)      Actuating (pelaksanaan)
Setelah perencaan dianggap matang, maka tahap selanjutnya adalah melaksanakan penelitian. Dalam pelaksanaan tahap ini peneliti mengumpulkan data-data yang diperlukan dengan menggunakan beberapa metode, antara lain:
a)      Observasi
b)      Angket
c)      Wawancara/interview
3)      Finishing (penyelesaian)
Setelah kegiatan penelitian selesai, penulis mulai menyusun langkah-langkah berikutnya, yaitu:
a.       Menyusun kerangka laporan hasil penelitian dengan mentabulasikan dan menganalisis data yang telah diperoleh, yang kemudian dikonsultasikan kepada Dosen Pembimbing dengan harapan apabila ada hal-hal yang perlu direvisi, akan segera dilakukan sehingga memperoleh suatu hasil yang optimal.
b.      Laporan yang sudah selesai kemudian akan dipertaruhkan di depan Dewan Penguji, kemudian hasil penelitian ini digandakan dan disampaikan kepada pihak-pihak yang terkait.

2.        Populasi dan Angket Penelitian

Populasi  adalah semua individu untuk siapa kenyataan-kenyataan yang diperoleh dari sampel yang hendak digeneralisasikan. Sedangkan pengertian sampel adalah sebagian individu yang diselidiki”[1]
Saat ini jumlah peserta didik kelas VII A MTs. Ittihaad Al-Umam sebanyak 59 orang yang terbagi menjadi 2 (dua) kelas yaitu kelas A (sebanyak 29 orang) dan kelas B (sebanyak 30 orang). Dari sini yang akan dijadikan populasi yaitu peserta didik kelas VII A  MTs. Ittihaad Al-Umam Egok Suka Makmur Gerung Lombok Barat Tahun Pelajaran 2011/2012. Dan sampel adalah sebagian dari populasi yang akan diteliti secara mendalam sebagai wakil dari populasi.
Metode ini digunakan dalam pengambilan sampel, dalam penelitian ini ditetapkan 20 responden sebagai sampel dari populasi siswa. Dalam  pengambilan sampel digunakan teknik sampling yaitu random sampling atau tanpa pandang bulu.
Dalam random sampling, semua individu dalam populasi baik secara sendiri-sendiri atau bersama-sama diberi kesempatan yang sama untuk dipilih menjadi anggota sampel. Dengan demikian anggota populasi dari setiap strata atau tingkatan mempunyai kemungkinan dan kesempatan yang sama untuk dipilih menjadi anggota sampel.

2.   Kehadiran peneliti.
            Kehadiran peneliti sangat mutlak dilakukan oleh peneliti sendiri berkenaan dengan hal tersebut, dalam pengumpulan data peneliti berusaha menciptakan hubungan yang akrab dengan responden yang menjadi sumber data, agar data yang diperoleh benar-benar valid.

3.   Sumber Data
Yang dimaksud dengan sumber data dalam penelitian ini adalah subyek dari mana data diperoleh atau sumber tempat memperoleh keterangan penelitian. Dalam hal ini yang menjadi subyek penelitian adalah :
a.                 Kepala MTs. Ittihaad Al-Umam Egok. (Abdul Hapiz, SS. M. Pd)
b.                Tenaga Pendidik Bahasa Arab MTs. Ittihaad Al-Umam Egok
      (Abdul Hapiz, SS. M. Pd)
c.                 Staf Pengawas kegiatan mufradat Bahasa Arab (Fathul Aziz)
d.                Ketua OSIS MTs. Ittihaad Al-Umam (Ahmad Fawa’id Hariry)
e.                 Peserta didik kelas VII A MTs. Ittihaad Al-Umam.

4.   Teknik  Pengumpulan Data
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan beberapa metede dalam mengumpulkan data. Adapun metode-metode yang peneliti gunakan adalah sebagai berikut:
a.       Metode Observasi
Metode observasi adalah suatu teknik untuk memperoleh data dengan menggunkan pengamatan (gejala-gejala) yang diselidiki (Hadi, 1991:36).
Jadi observasi merupakan suatu teknik untuk mengamati secara langsung atau tidak langsung terhadap kegiatan. Observasi bisa kita lakukan sewaktu-waktu sesuai dengan kebutuhan. Teknik observasi yang digunakan oleh peneliti adalah observasi partisipan yaitu peneliti mengambil bagian atau turut serta dalam kegiatan-kegiatan yang sedang diobservasi yaitu kegiatan mufradat di MTs. Ittihaad Al-Umam.

b.      Metode Interview atau Wawancara
Menurut Bakrun dan Nasruddin (1990:47), menyatakan bahwa, “Wawancara merupakan teknik pengumpul data dengan jalan mengadakan komunikasi dengan sumber data. Komunikasi tersebut dilakukan dengan dialog (tanya jawab) secara lisan, baik secara langsung maupun secara tidak langsung.
“Data yang diperoleh dengan teknis ini adalah dengan cara tanya jawab secara lisan dan bertatap langsung antara seorang atau beberapa orang interview”. (Bahtiar, 1997: 72)
Jadi dengan interview atau wawancara ini teknis dalam upaya menghimpun data yang akurat untuk melaksanakan proses pemecahan masalah tertentu yang sesuai dengan data.
Dalam mencari data di lapangan, peneliti menggunakan interview bebas terpimpin, sebab data yang dibutuhkan sangat komplek/banyak, yang peneliti interview. Adapun data yang dicari adalah data prestasi belajar bahasa Arab peserta didik kelas VII A MTs. Ittihaad Al-Umam.
Dalam hal ini yang akan diwawancarai adalah sumber data yaitu, kepala MTs. Ittihaad Al-Umam, tenaga pendidik bahasa Arab, staf pengawas kegiatan mufradat dan  ketua OSIS.

c.       Metode Angket

Metode angket dapat dilakukan dengan adanya sejumlah pertanyaan yang tertulis yang digunakan untuk memperoleh informasi dari responden dalam arti laporan tentang pribadinya atau hal-hal yang ia ketahui. (Arikunto, 1993:188).
Dalam hal ini sumber data yang diberi angket adalah 20 orang siswa untuk memperoleh data mengenai pengaruh kegiatan mufradat bahasa Arab terhadap prestasi belajar bahasa arab kelas VII MTs. Ittihaad Al-Umam.


d.      Metode Dokumentasi
Metode dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data yang berbentuk dokumen atau lisan. Dalam menggunakan metode dokumentasi, peneliti menyelidiki benda-benda tertulis seperti buku, majalah, dokumentasi,nilai raport dan lain-lain. (Tjokosujoso, 1994 : 73).Teknik ini digunakan untuk mendapat data seperti nilai ulangan harian, mid dan semester bidang studi bahasa Arab.

5.        Teknik Analisa Data
Sesuai dengan jenis data yang diperoleh, maka dalam penelitian ini digunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif, karena ingin mengetahui ada tidaknya pengaruh antara kegiatan mufradat bahasa Arab dengan prestasi belajar peserta didik kelas VII A. MTs. Ittihaad Al-Umam.
Sesuai dengan kebutuhan dimaksud, maka digunakan rumus analisis karelasi Product Moment dengan rumus sebagai berikut :
       Sxy
rxy =
  (SX 2) (SY 2 )

Keterangan :
rxy             : koefisien korelasi antara X dan Y
xy             : product dari x kali y
x2              : product dari x dikuadratkan
y2              : product dari y dikuadratkan
(Sutriso Hadi, 1997:293)
6.   Keabsahan Data dan Temuan
Agar diperoleh temuan data yang benar, maka peneliti menggunakan teknik sebagai berikut:
a.   Memperpanjang Kehadiran Peneliti
Sebagai tuntunan dalam penelitian kuantitatif ini akan lebih banyak berada di lapangan, sehinnga peneliti lebih banyak menyempatkan diri, bargaul dengan responden.
b.   Observasi Mendalam
Observasi mendalam bertujuan untuk menghindari perolehan data yang kurang valid dari responden.sebab bisa jadi responden menutup diri.
c.   Analisis Dokumen.
Sistem ini akan dapat mengetahui dokumen yang tidak relevan dengan data yang diperoleh.

7. Rencana Jadwal Kegiatan Penelitian
No
Kegiatan
Bulan ke
1
2
3
4
5
6
1
Penyusunan proposal






2
Seminar proposal






3
Memasuki lapangan






4
Tahap seleksi dan analisis






5
Membuat draf laporan






6
Diskusi draf laporan






7
Penyempurnaan laporan






8
Evaluasi akhir








DAFTAR PUSTAKA

H. M. Abdul Hamid, M. A,  dkk,  Pembelajaran Bahasa Arab, UIN-Malang Press: Percetakan Sukses Offset Yogyakarta 2008, cet ke-1.

Effendi, Ahmad Fuad, Metodologi Pengajaran Bahasa Arab, Misykat Malang: Percetakan Nuansa Jogjakarta, 2005, cet ke-3.
http://ulumuddin-sangpencinta.blogspot.com/2011/04/metode-pembelajaran-mufradat.html


[1] Sutrisno Hadi(1994:70).

 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar